Resep Cara Membuat Olos Khas Tegal

Tuesday, August 1st, 2017 - Makanan Tradisional

Tiap bikin masakan pakai kuning telor asin, bingung putihnya mau diapain, ujung-ujungnya dibuang juga setelah sekian lama taruh di kulkas berharap ada yang makan. Tapi kemarin lihat postingan sistaa diena syahida, muncul ide kayaknya bisa ini jadi bahan isian olos ala joanne sebastian.

Cara Membuat Olo

Olos

Ini camilan khas tegal, pertama kali bikin beginian dan cocok enak pas buat ngemil-ngemil cantik. Aku bikin nggak terlalu pedes, biar anak-anak bisa makan tapi langsung abis sekejap. Pertama kali makan beginian, langsung orang rumah cocok.

Resep Olos

Bahan:

  • 10 sdm tepung tapioka, kanji atau aci
  • 10 sdm tepung terigu
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Penyedap rasa (aku pakai masako)
  • Bawang daun secukupnya, cincang halus
  • Air panas secukupnya

Bahan Isi:

  • 5 bh putih telur asin, haluskan
  • 3 sdm tuna spread kalengan ayam brand
  • cabe rawit iris sesuai selera

Cara Membuat Olos

  1. Campur semua bahan tepung dan tambahkan air panas sedikit-sedikit.
  2. Aduk sampai kalis sampai bisa di bentuk, kalau keenceran bisa tambah lagi terigunya.
  3. Campur semua bahan isi, sisihkan.
  4. Ambil adonan olos sedikit-sedikit dan beri isi secukupnya, lalu bentuk bulat-bulat.
  5. Goreng dengan minyak panas api kecil.
  6. Sajikan olos selagi hangat.

Supaya hasil lembut tidak keras aku air panasnya masukin bener-bener sedikit-sedikit, jadinya pas sudah bisa diulen nggak perlu tambah terigu lagi. Kalau lengket, tambahin terigu, adonan aku kemarin bagus, kayak lilin pas banget jadi nggak tambah terigu. Pokonya sampai enak deh ngulennya, padat-padat gimana gitu. Persis kayak lilin yang mainan anak-anak itu, jadi masukin isiannya juga gampang. Yuk coba juga tips dari resep chef berikut ini.

Cara Membuat Mie AcehResep Cara Membuat Mie Aceh Goreng

 

Cara Membuat Sempol Ayam

Cara Membuat Sempol Ayam Tanpa Tusuk

 

Cara Membuat Singkong Bajingan

Resep Cara Membuat Singkong Bajingan Khas Jawa Tengah

Resep Cara Membuat Olos Khas Tegal | | 4.5
counter