Resep Cumi Bakar Isi Bumbu Simple Tidak Ribet

Friday, November 18th, 2016 - Seafood

Ada yang hobi makan cumi gak bunda? Aku suka gak nahan kalau lihat cumi besar-besar banget langsung pengen cepat-cepat di bikin cumi bakar gini ala bunda nini. Di jamin simple, gampang dan bumbu gak ribet serta cumi gak alot pokoknya rasanya nendang bunda 1 piring muat isi 2 cumi. Kalau gak pakai cumi yang besar-besar bisa juga tinggal sesuain takaran bumbunya cuma kurang mantab aja makannya soalnya yang besar aja jadi mengecil bun klo sudah mateng. Kalo besar kan dagingnya berasa kenyalnya bun. Manteb makannya, yang mau resep ntar ya lagi ngurusin anak dan nyambut suami pulang dulu.

Resep Cumi Bakar Isi Bumbu Simple Tidak Ribet

Cumi Bakar Isi Bumbu

Resep Cumi Bakar

Bahan:

  • 2 ekor cumi segar besar. (yang 1 kg isi 12-13 ekor)

Bumbu Halus:

  • 2 siung bawang putih ukuran sedang
  • 2 cabe rawit merah.
  • 1 cabe merah panjang.
  • 1/4 sdt garam.

Bumbu Bakaran:

  • 1 sachet kecil kecap bangau
  • 1/2 sachet saori merah
  • 1 bawang putih dan 2 cabe rawit merah yg udah diulek)
    aduk jadi 1 bahan bakaran.

Cara Membuat Cumi Bakar

  1. Cumi cuci bersih buang tinta dan tulangnya yg bening.
  2. Kupas kulit luar yg warna ungu.
  3. Bumbu halus ulek smpai halus, dibagi 2.
  4. Masukan dalam badan cumi.
  5. Tusuk ujung badan cumi, usahakan kepalanya kejepit tusukan biar bumbu g kluar saat diolah dan bs meresep ke dalam (bisa pakai tusukan gigi atau ujung tusukan sate)
  6. Panaskan 5 sdm minyak goreng di teflon atau wajan anti lengket.
  7. Api kecil ya, tapi jangan kecil banget.
  8. Masukan cumi yang sudah dimasukin bumbu.
  9. Tunggu sampai mengkerut, balik.
  10. Masak sampai minyak sisa dikit sambil dibolak balik (pakai capitan gorengan, biar bumbu g tumpah keluar) masukan bumbu bakaran, bolak balik terus sampe meresap dan cumi berubah warna seperti ini.
  11. Selesai deh.

NB: Bumbunya pasti mateng bunda kan dibolak balik waktu ngegorngnya. ini jgangan dibayangin di goreng makek mnyak banyak ya bunda. minyaknya cuma dikit banget,  5 sendok makan aja. Goreng sampai minyak tinggal dikit.

Lagi-lagi tentang olahan laut:

Resep Cara Membuat Udang Masak Lombok IjoBuat Udang Masak Lombok Ijo

 

Resep Cumi Bakar Isi Bumbu Simple Tidak Ribet | | 4.5
counter