Resep Kue Nastar Selai Nanas dan Keju Aneka Bentuk

Wednesday, January 18th, 2017 - Kue Kering

Ada Resep Kue Nastar Selai Nanas dan Keju Aneka Bentuk yang bisa anda buat tergantung dari bahan dan proses pembuatannya yang bisa menghasilkan suatu bentuk yang indah. Contohnya saja buah bisa ditiru untuk menghasilkan bentuk nastar yang unik. Dibawah akan di ajarkan bagaimana hal tersebut bisa dilakukan. Untuk yang pertama kita lihat dahulu curhatan dari bunda dede, siapa tau ada yang jadi pengusaha kue seperti beliau.

Masih setia dengan kue nastar selai nanas edisi orderan untuk imlek dari dapur bunda dede. Aku di jakarta barat, ini foto original nastar buatan saya makannya masih di dalam kardus soalnya mau dianter ke pelanggan. Mau kirim baru ingat belum di foto padahal niat awal mau di bagiin cara buatnya. Resep nastar sudah banyak beredar ya bunda-bunda tapi kalau masih minat resep nastar saya, boleh di bawah nanti saya sisipkan resepnya. Lanjut bikin nastar lagi ya bunda. Yang pertama ini adalah resep nastar standart yang biasa dibuat para bunda saat lebaran atau hari besar lainnya. Kalau mau yang unik bisa lihat bawahnya lagi.

Resep Kue Nastar Selai Nanas

Kue Nastar Selai Nanas

Resep Kue Nastar Selai Nanas

Bahan Selai Nanas:

  • 3 buah nanas ukuran sedang kupas diparut masak sampai agak mengering masukan 1/4 kg gula pasir masak sambil diaduk-aduk sampai merata dan kering

Bahan Kulit:

  • 600 gr margarine (saya pakai porvita atau blueband)
  • 4 btr kuning telur
  • 100 gr susu bubuk (Dancow)
  • 1 kg terigu (segitiga biru)
  • (Untuk terigu jangan dimasukin semua satu kilo ya bunda aduk dulu sedikit-sedikit kira-kira sudah bisa dipulung terigunya jangan dimasukin lagi)

Cara Membuat Nastar

  1. Campur margarine, kuning telur dan susu, mixer perlahan sampai tercampur rata.
  2. Masukan terigu sedikit demi sedikit.
  3. (Untuk terigu, jangan dimasukin semua satu kilo ya bunda, aduk dulu sedikit-sedikit kira-kira sudah bisa dipulung terigunya jangan dimasukin lagi, kira-kira pemakain terigu sekitar 800 gram).
  4. Setelah tercampur rata dipulung dan diisi dengan selai nanas, bentuk bulat-bulat atur diatas loyang.
  5. Masukan kedalam oven yang sudah dipanaskan.
  6. Panggang dengan api sedang.
  7. Setelah setengah matang keluarkan dari oven lalu oles dengan kuning telur yang sudah dicampur margarine yang dicairkan.
  8. Kemudian panggang lagi sampai kekuningan dan matang.
  9. Sewaktu memanggang harus sering dicek agar matang merata. Karena kalau menggunakan oven tangkring kan beda-beda ya bund panasnya. Gunakan api sedang saja ya.
  10. Pemolesan kuning telur pada saat nastar setengah matang, supaya permukaan nastarnya mulus tidak retak-retak dan agar nastarnya matang sempurna sampai kedalam. Nastar resep saya nggak pakai gula halus ya.

Kalau yang ini percobaan bikin nastar bentuk jeruk dengan selai nanas bunda. Tangkainya pakai cengkeh bunda. Daunnya dari adonan dibentuk daun dikerat pakai tusuk gigi. Cantik banget tapi jadi sayang dimakannya tidak sebanding dengan cara bikinnya yang perlu ketelatenan. Yang lihat pada bilang cantik banget jadi nggak pengen makan. Disimpan saja buat pajangan.

Resep Kue Nastar Jeruk

Kue Nastar Jeruk

Resep Kue Nastar Jeruk

Bahan:

  • 200 gr mentega atau butter (saya pakai wysman)
  • 1 sdm margarin (pakai blueband)
  • 2 kuning telur
  • 50 gr gula halus
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdt vanila susu
  • Terigu kunci biru saya nggak timbang, masukan sedikit-sedikit sampai adonan kalis dan bisa dibentuk

Pelengkap:

  • Selai nanas
  • Pewarna makanan oranye dan hijau tua
  • Cengkeh

Cara Membuat:

  1. Kocok mentega dan margarin 5 menitan pakai wisk saja.
  2. Lalu masukkan kuning telur kocok lagi sampai tercampur.
  3. Masukkan vanila, maizena dan susu bubuk.
  4. Aduk pakai spatula.
  5. Masukkan terigu sedikit-sedikit sampai adonan kalis.

Penyelesaian:

  1. Pisahkan adonan sedikit untuk daun, beri warna hijau.
  2. Sebagian lagi beri warna oranye.
  3. Bentuk bulat adonan oranye isi selai.
  4. Kasih cengkeh sebagai tangkainya, kerat-kerat dengan tusuk gigi.
  5. Tempelkan adonan hijau yang sudah dibentuk daun dan dikerat-kerat.
  6. Tata di loyang yang sudah di alasi kertas roti.
  7. Panaskan oven terlebih dahulu.
  8. Panggang suhu 160°C kurang lebih 30 menit.
  9. Setelah matang, hilangkan uap panasnya, lalu masukkan toples.
  10. Nggak pakai alat cetaknya ya bunda cuma modal tusuk gigi saja.
  11. Setelah matang warnanya sedikit pudar ya bunsay, fotonya itu sebelum dipanggang.

Untuk nastar ketiga ini adalah cerita dari bunda elisa yang habis eksekusi nastar kerang. Katanya wangi aduhai dan rasanya top markotop apalagi bentuknya bikin orang penasaran dan selalu bertanya. Itu pakai cetakan apa bun kalau boleh tau kasih foto cetakannya? Alhamdulilah tanyanya begitu dan tidak berfikir kalau buatnya manual pakai tangan, ini bunda bentuk cetakannya silahkan beli di toko bahan kue ya jangan lupa bawa gambarnya biar yang jual mudah mengenali.

Cetakan Kue Nastar Kerang

Cetakan Kue Nastar Kerang

Resep Kue Nastar Kerang

Kue Nastar Kerang

Resep Kue Nastar Kerang

Bahan:

  • tepung terigu 700 gr
  • gula halus 100 gr
  • mentega blueband 500 gr
  • kuning telor 4 butir
  • susu bubuk 4 sdm munjung
  • selai nenas secukupnya
  • 1 butir telor untuk olesan

Cara Membuat:

  1. Mixer mentega, kuning telor, gula halus hingga lembut matikn mixer.
  2. Lalu masukan susu bubuk dan tepung aduk rata hingga adonan bisa di bentuk kalau terlalu lembut.
  3. Tambahkan lagi sedikit tepung.
  4. Ambil adonannya sedikit kira-kira sebesar telor puyuh.
  5. Masukan kedalam cetakan kerang.
  6. Tekan-tekan dan buat lubang ditengahnya lalu isi selai nenas.
  7. Tutup lagi dengan sedikit adonan.
  8. Lalu tekan dan keluarkan dari cetakannya taruh di loyang.
  9. Lakukan hingga adonan habis.
  10. Setelah itu oleskan telor, oven hingga kuning keemasan.

Ini late pots bikin nastar kapal pakai keju buatan sendiri dan baru pertama kali belajar. Ya walaupun repot dan gosong di panggangan pertama tapi lumayan enak supanggangnya cuma pakai teplon bun resep dapet dari youtube nemu jadi harus melewati trial dan eror deh. Tapi alhamdulillah jadi di panggangan kedua dan seterusnya dan sekarang ini hasilnya sudah bagus. Inilan penampakan sekaligus resepnya.

Resep Kue Nastar Kapal

Kue Nastar Kapal

Resep Kue Nastar Kapal

Bahan:

  • mentega
  • 2 kuning telur
  • keju parut (resep asli 1 kotak keju di parut tapi aku pakai keju lembaran 7-8 lembar)
  • tepung terigu secukupnya
  • kalau mau pakai gula halus biar lebih enak

Cara Membuat:

  1. Campurkan mentega, kuning telur, keju sampai merata kalau sudah di campurin tepung sambil di aduk.
  2. Kalau rasa sudah cukup pas tepungnya aduk-aduk hingga rata.
  3. Kalau mau kasih gula halus sedikit pasti bentuk kecil-kecil aku nggak punya cetakan jadi bentuk pakai tangan.
  4. Cara panggang: sediakan teflon yang sudah di olesi margarin.
  5. Masukkan adonan yang sudah dibentuk tadi lalu oleskan kuning telur di atas adonan tadi.
  6. Lalu panggang dengan api kecil di tutup trus janggan di tinggal nanti gosong kayak aku panggangan pertama.

Gimana sekarang sudah tahu kan kalau nastar bisa dibentuk apa saja. Ada juga nastar yang bentuknya babi tapi untuk pertemuan kali ini tidak akan saya bahas cara membuatnya soalnya paling sulit. Buat moncongnya itu lo ribet dan harus menonjolkan hidung yang agak ke depan. Saran saya pilih salah satu resep diatas karena cenderung paling mudah.

Resep Kue Nastar Selai Nanas dan Keju Aneka Bentuk | | 4.5
counter