17 Makanan Khas Aceh Beserta Resep

Sunday, January 15th, 2017 - Makanan Tradisional

17 Makanan Khas Aceh Berserta Resep adalah pembahasan menarik karena selain lengkap dengan gambar kami team resepchef.com juga mencari sumber asli orang Aceh untuk menuliskan resep masakan tradisionalnya. Tentunya lebih kredibel karena mereka orang asli sana dan tentunya dipilih yang berpengalaman dan dari lingkungan akademis cooking. Setelah mengetahui makanannya kami sangat takjub, betapa uniknya tangan mereka meracik makananan yang berbeda dengan tempat lain.

Sangat disarankan berkunjung dikota serambi mekah dan jangan sampai lupa mencoba makanan khas Aceh yang amat tersohor seperti kuah pilek U dan Mie Aceh. Pasti sudah penasaran dengan keunikan masakannya? Yuk langsung saja kita lihat makanan khas aceh dan resep lengkapnya, kami sajikan juga gambar setelah dimasak.

1. Mie Aceh

Mie aceh merupakan mie dengan ciri khas bentuk yang tebal dan berwarna kuning. Biasanya di selingi dengan penambahan aneka daging bias berupa daging kambing maupun sapi. Uniknya lagi ada yang menambahkannya dengan hewan air seperti cumi, udang maupun kepiting. Pelengkapnya bisa berupa mentimun emping dan taburan bawang garing. Ciri khas rasanya pedas namun silahkan untuk hal tersebut saya serahkan ke selera masing-masing. Kali ini bunda nelty ovisa akan menjelaskan resep dasar silahkan tambahannya seperti daging atau hewan laut pilih salah satu.

Mie Aceh Goreng

Mie Aceh Goreng

Resep Mie Aceh Goreng

Bahan:

  • 500 gr mie basah
  • Udang/daging/cumi/telur
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 butir bawang merah, iris tipis
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 1 ons tauge
  • 1 ons kol/sawi hijau
  • 2 sdm kecap (sesuai selera)
  • 1 sdm garam (sesuai selera)
  • 1/2 sdt cuka
  • 1 batang daun bawang, potong-potong
  • Penyedap
  • Air
  • Minyak goreng

Bumbu Halus:

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kapulaga
  • 1/4 sdt jintan
  • 1/2 sdt merica
  • Kunyit sedikit
  • Cabe merah secukupnya ( sesuai selera)

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang merah putih dan bumbu halus sampai harum.
  2. Masukkan seafood atau daging, tambahkan air. Masak sampai empuk. Masukkan sayuran aduk sampai layu.
  3. Masukkan kecap, garam, penyedap, cuka serta tomat. Aduk meresap.
  4. Masukkan mie dan aduk hingga matang lalu beri irisan daun bawang. Angkat. Sajikan dengan acar dan emping.

2. Kuah Pilek U

“Bersantan”  itulah ungkapan pertama saat anda menemui kuah pilek u. Makanan khas aceh layaknya gulai kambing yang selama ini anda makan.  Namun ada yang aneh dengan masakan ini jika anda bukan asli orang sini. Bisa menyandang nama tersebut karena  menggunakan bahan dari kelapa kering yang dibusukkan bernama “pilek”. Kedengarannya sangat menjijikkan dan berbau tidak sedap namun siapa sangka sangat banyak penggemarnya. Sangat nikmat disajikan bersama ikan asin dan nasi hangat. Jika anda penasaran mari coba resep ala cut mena dibawah ini.

Kuah Pilek U

Kuah Pilek U

Resep Kuah Pilek U

Bahan Sayuran:

  • Daun melinjo
  • Kacang panjang
  • Nangka muda
  • Terong hijau
  • Buah melinjo
  • Pliek u 1 ons
  • Udang kecil 1 ons
  • Kelapa kukur 1 buah kelpa

Bahan Rajang:

  • Cabe hijau 10 buah
  • Sere 2 batang
  • Daun jeruk 10 lembar
  • Bawang merah 2 siung

Bahan Dihaluskan:

  • Cabe rawit 15 buah
  • Cabe merah 5 buah
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Ketumbar 1 sendok makan
  • Jahe sedikit
  • Kunyit setelunjuk
  • Merica setengah sendok makan
  • Asam sunti 5 buah

Cara Membuat

  1. Habis di blender bumbu halus dan pliek, langsung masukan kedalam sayur yang sudah di rebus sebentar.
  2. Lalu buang air rebusan masukan bumbu santan dan pliek.

3. Resep Kuah Masam Keu-eung

Bertandanglah ke provinsi paling barat di Indonesia dan dapatkan sensasi asam pedas dari kuah masam keu-eung. Kalau anda latah mengucapkan kata sesusah itu sebut saja sayur asam pedas karena artinya memang itu. Lalu apa yang membuatnya special sehingga disebut masakan khas? Coba baca bahan di bawah maka akan anda temukan asam sunti, ya itulah yang membuatnya istimewa dan berikut resep ala bunda zairida.

Resep Kuah Masam Keu-eung

Bahan:

  • cabe rawit
  • kunyit
  • asam sunti dihaluskan
  • duo bawang sama belimbing sayur di iris
  • cabe ijo belah 2

Cara Membuat

  1. Campur semua bumbu di kuali sama ikannya terus tambah air. Masak deh. Simple aja aku mah mbak kalau masak.

4. Rujak Aceh

Bisa dibilang kudapan buah dengan campuran sambal banyak di temukan di Indonesia. Apalagi saat musim buah berlangsung di suatu tempat pasti tujuan utama di buat rujak. Namun kali ini bunda corrie kusdiana akan menyajikan kepada pembaca untuk mencoba cara bikin yang berbeda tentunya rujak dengan ciri khas aceh.

Rujak Aceh

Rujak Aceh

Resep Rujak Aceh

Bahan:

  1. 2 Mangga
  2. 1 buah Nanas
  3. 2 Bengkoang
  4. 1/4 kg Timun
  5. 1/4 kg Wortel (pengganti jambu air)
  6. 1/2 kg Kol (buang tulangnya)
  7. 1/2 Kedondong (saya tidak pakai karena lagi tidak ada)

Bumbu:

  • 1 1/2 ons cabe merah
  • 1/4 kg kacang tanah
  • 1/2 kg gula pasir
  • secukupnya garam
  • secukupnya cuka
  • 1 sdm ebi
  • 4 gelas air

Cara Membuat

  1. Mangga, nanas, bengkoang, timun, wortel bersihkan potong dadu kecil kecil.
  2. Kol diiris halus.
  3. Goreng ebi, kacang tanah, sisihkan.
  4. Blender cabe merah, ebi, kacang tanah dengan 3 gelas air.
  5. Rebus blenderan cabe, kacang dan ebi. Tambahkan gula pasir dan cuka.
  6. Kalau sudah mendidih angkat biarkan sampai dingin.
  7. Masukan potongan buah buahannya dan irisan kol.

5. Keumamah Kuah Ikan Kayu

Masakan khas aceh keumamah kuah lemaka kalau bahasa indonesianya gulai ikan kayu. Ikan kayu adalah ikan tongkol atau tuna ukuran besar yang sudah di rebus dan di jemur sampai agak keras. Setelah kering lakukan perebusan lalu salai. Habis itu iris tipis ya. Bunda dari aceh pasti pada tau ya, kalau ada yang mau resep silahkan.

Keumamah Kuah Ikan Kayu

Keumamah Kuah Ikan Kayu

Resep Keumamah Kuah Ikan Kayu

Bahan:

  • ikan kayu
  • kentang
  • jagung
  • santan

Bumbu:

  • Bawang putih
  • bawang merah
  • cabe rawit
  • cabe merah
  • asam sunti
  • jahe

Cara Membuat:

  1. Bumbu di blender langsung campur dengan irisan ikan masukkan santan masak hingga matang.
  2. Tambah daun jeruk sama cabe hijau.

6. Kue Adee atau Bingkang

Makanan berbahan dasar telur dan santan bisa anda bawa pulang dengan harga kurang dari 20.000 saja. Dahulu kala saat perkembangan tidak begitu pesat seperti saat ini anda hanya bisa menemukannnya di sekitar Kabupaten Pidie saja. Seiring berkembangnya waktu dan kenikmatannya yang menggoda banyak lidah banyak pedagang yang menjualnya di seluruh Provinsi khususnya bagian kabupaten kota. Di luar Sumatera kue ini disebut bingkangnya  aceh. Lalu apa yang beda dengan daerah lain? Sebenarnya perbedaan mencolok terlihat pada penggunaan telur bebek dan bawang goring. Kalau di tempat lain pakainya kan telur ayam dan tidak memakai bawang goreng, yuk coba kue ada racikan by yayah.

Kue Adee atau Bingkang

Kue Adee atau Bingkang

Resep Kue Adee atau Bingkang

Bahan:

  • 250 gram gula
  • 250 gram terigu
  • Sedikit garam
  • 3 gls santan
  • 1 butir telur
  • Bawang dan daun pandan, goreng

Cara Membuat:

  1. Masukkan telur, gula dan garam aduk sampai gulanya larut.
  2. Setelah itu masukkan terigu, aduk rata kemudian masukkan santan sedikit demi sedikit biar adonan tidak bergumpal. Masukkan ke dalam loyang yang sudah di olesi margarin.
  3. Kalau sudah setengah matang taburin bawang dan daun pandan gorengnya ya bunda.
  4. Panggang sampai matang tes tusuk.

7. Kue Timphan

Sebenarnya banyak sekali variasi cara membuat timphan ada yang membuat kulitnya dengan mencampurkan buah pisang, labu, pepaya bahkan ubi. Namun saya bunda raisa tidak pernah menambahkan semua bahan-bahan tersebut.

Kue Timphan

Kue Timphan

Sementara untuk isinya juga ada beberapa cara. Ada yang mengukus adonan srikayanya dan ada pula yang masak dengan cara direbus hingga kering. Untuk membuat timphan ini terus terang saya tidak memakai ukuran. Saya biasanya nuang tepung ke dalam baskom lalu masukkan santan dikit-dikit hingga adonan kulitnya bisa dipulung “kayak bikin klepon”.

Kalau resep timphan ala bunda raisa isinya bisa ketan / kelapa muda bisa juga srikaya. Untuk bahannya. Pisang baranang, dan tepung ketan. Kedua bahan itu dicampur terus jadi seperti adonan. Jangan lupa isinya bisa ketan atau srikaya. Untuk tempat pembungkusnya pakai daun pisang yang muda yah. Setelah itu kukus deh.

8. Manisan Pala

Daerah Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan adalah sentra pembuatan manisan pala, jika anda sempat lewat cobalah mampir untuk membelinya . Tidak perlu banyak uang cukup dengan harga 5000 rupiah sudah bisa mencicipinya. Banyak sentra toko penjual mulai dari toko hingga supermarket, jika ingin ke sentra pebuatan langsung saja ke daerah jln.Sudirman , Tapaktuan. Dijamin saat kesana lagi pasti yang dicari manisan pala lagi karena rasanya bikin nagih. Ada 2 macam cara yang bisa di coba yaitu basah dan kering, bagi yang mau coba silahkan catat resep kepunyaan bunda siti fatmawati ini.

Manisan Pala

Manisan Pala

Resep Manisan Pala

Bahan:

  • Pala
  • air kapur sirih
  • gula putih

Cara Membuat:

Cuma buah pala yang dibentuk bunga terus rendam di air kapur sirih. Angkat tiriskan siram dengan air bersih. Panaskan air dan gula putih hingga mengental matikan kompor masukan buah pala tadi aduk hingga rata. Diamkan sampai dingin gulingkan di gula pasir ulangi (masukan ke larutan air gula dan gulingkan di gula pasir) sampai benar-benar pas rasanya.

9. Pisang Sale

Berkunjunglah ke Kabupaten Aceh Timur jika ingin menemukan rasa pisang sale asli yang sudah turun menurun dikuasai orang sana. Pembuatannya sangat unik sekali, mula-mula pisang dikupas lalu dikeringkan di bawah terik matahari. Sesudah itu diasapi, bah proses inilah membuat rasa dari pisang sale sangat nikmat seperti ada gosongnya gitu. Karena proses pengasapan warna isang berubah mencadi coklat mengkilat. Tidak sempat ke Aceh Timur? Mari coba resep asli dari bunda rumtati ridlo.

Pisang Sale

Pisang Sale

Resep Pisang Sale

Bahan:

  • Jemur kering pisang lalu asapi
  • 1/2 kg tepung terigu
  • 1/2 kg tepung tapioka
  • 1/2 kg tepung beras rose brand
  • 2 sdm blueband
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam

Cara Membuat

  1. Campur jadi satu seperti adonan gorengan ya.
  2. Terus celupin satu persatu pisang yang sudah di iris dan di jemur kering lalu goreng di minyak panas.

10. Kembang Loyang

Tak akan asing bagi orang asli serambi mekkah mendengar nama kembang Loyang karena disetiap moment adat maupun keagamaan pasti disuguhkan.  Bentuknya unik membuat si pemakan berfikir dahulu bagaimana bisa seperti ini. Bagi pembaca tidak perlu bingung dan tidak perlu ketrampilan juga karena ada cetakan khusus, jadi tinggal masukin adonan kemudian cetak dech. Pasti sudah pada kepikiran buat sendiri, ok bunda siti fatmawati akan membimbing lewat tulisannya di bawah ini.

Kembang Loyang

Kembang Loyang

Resep Kembang Loyang

Bahan:

  • 1 kg terigu
  • 6 bungkus tepung hunkwe
  • telur 2 butir
  • gula pasir 1/2 kg
  • santan secukupnya
  • vanili 1 sdt
  • air kapur 1 sdt

Cara Membuat:

  1. Semua bahan di campur jadi satu adonany jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer.
  2. Panaskan miyak goreng beserta cetakanya jika sudah panas baru celupkan cetakan ke adonan, celupnya jangan penuh setengah saja.
  3. Setelah itu masukkkan ke minyak panas sambil di goyang-goyang biar terlepas, begitu seterusnya sampai selesai.

11. Lepat

Kue ini disebut orang aceh lepat tapi di daerah bunda apa namanya. Makanan ini asli aceh tapi sudah menyebar di berbagai daerah sehingga pasti kebanyakan beda nama. Tentunya di daerah lain sudah ada penambahan atau pengurahan bahan. Ini ada resep asli dari bunda rya pane jika ingin mencobanya.

Lepat

Lepat

Resep Lepat

Bahan:

  • Tepung ketan rose brand 1 kg
  • Tepung beras rose brand 1/2 kg
  • Kelapa parut 1 buah
  • Gula merah 1/2 kg
  • Vanili secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

Untuk Inti:

  1. Kelapa disangrai terlebih dahulu jangan sampai kuning ya, putih kekuning-kuningan saja supaya tidak cepat basi saja.
  2. Kemudian gula merah direbus dengan air, saring dan campurkan dengan kelapa yang sudah di sangrai tadi. Masak lagi sampai air gula merahnya menyusut tapi jangan terlalu kering juga.

Untuk Adonannya:

  1. Campurkan tepung ketan dan beras, kalau pakai tepung ketan saja terlalu kenyal, makanya aku campur vanili dan garam dengan air sedikit demi sedikit, aduk hingga kalis.
  2. Bungkus deh sesuai selera kemudian kukus deh.

Nb: Daunnya dibakar sebentar supaya gampang dibentuk ya bunda kemudian aku lap pakai minyak goreng agar adonan tidak lengket ke daunnya.

12. Kue Bhoi‎

Ini kerjaannya bunda cut tiap hari membuat kue bhoi khas dari aceh. Dia menitipkan di toko roti dan swalayan juga, kue ni bisa tahan sampai 3 minggu lho asal di simpan di toples kedap udara. Kali ini beliau akan berbagi pengalamannya kepada team kami, mari simak.

Kue Bhoi

Kue Bhoi

Resep Kue Bhoi ala Cut‎

Bahan:

  • Telur 6 butir
  • Gula 1/4 kg
  • tepung 3 ons

Cara Membuat

  1. Kocok telur sampai kembang betul sampai putih lah.
  2. Panaskan oven di atas api sedang, taruh bakaran arang di atas oven kalau oven listrik ya gak usah.
  3. Aambil satu centong adonan beri tepung kira-kira 2 atau 3 sedok makan aduk rata.
  4. Oles cetakan dengan minyak cetak deh masuk oven panggang sampai matang. Kalo pakai oven manual cetakan kue harus dari bawah naik ke atas agak masaknya sempurna dan tahan lama.

13. Bohromrom

Orang asli sembari mekkah pasti tau jika menyebut boh duek beuhdeh, itulah sebutan lain dari kue bohromrom.  Kue ini bahan utamanya adalah tepung ketan yang dibentuk bulat lalu dalamnya diberi gula merah. Di luar sana khususnya di Jawa biasa menyebutnya dengan nama klepon. Bagian luarnya dibalut dengan parutan kelapa. Namun kali ini team kami akan menyajikan jenis berbeda yang lebih kreatif hasil racikan bunda dessy elma dengan tambahan ubi ungu, mari coba.

Bohromrom

Bohromrom

Resep Bohromrom

Bahan:

  • 250 gram tepung ketan
  • 50 gram tapioka
  • 100 gram ubi unggu kukus haluskan
  • 1 sachet skm
  • garam sedikit
  • gula merah sisir kasar secukupnya
  • kelapa setengah muda parut aduk dengan sedikit garam dan kukus dengan air kukusannya diberi 2 lembar daun pandan

Cara Membuat:

  1. Aduk tepung ketan ubi ungu, tepung tapioka, susu dan garam aduk sampai kalis dengan air yang dituang sedikit demi sedikit.
  2. Lalu bulat-bulatkan bolongkan tengahnya isi gula merah dan masukan dalam air mendidih, tunggu sampai terapung dan angkat gulingkan dalam kelapa parut.

14. Pacri Nanas

Pernah makan rujak pakai merica, kayu manis, kapulaga, bunga lawang dan cengkeh? Rujak aneh ini hanya bisa ditemukan di aceh namanya pacri nanas.  Hanya buah nanas yang paling cocok dengan bahan aneh seperti itu. Kalau pengen buat bisa meniru resep ibu zaireda. Cocok sekali sebagi penutup makanan berlemak seperti gulai.

Pacri Nanas

Pacri Nanas

Resep Pacri Nanas

Bahan:

  • Nanas

Bumbu yang pertama masukin ke plastik terus di bolongin:

  • Merica
  • Kayu manis
  • Kapulaga
  • Bunga lawang
  • Cengkeh

Bumbu yang kedua:

  • Cabai merah dibelah 2
  • Duo bawang diiris

Cara Membuat :

  1. Cairkan gula putih (kayak buat karamel).
  2. Kalau sudah cair semua masukkan air sama bumbu-bumbunya.
  3. Tunggu mendidih baru masukkan nanas.
  4. Kasih garam sedikit biar gurih.

15. Ayam Tangkap

 

Ini menu saya siang ini bunda ayam tangkap khas aceh ala ‎indri yani. Berhubung orang aceh jadi suka banget menu ini. Bahan takarannya bisa sesuai selera masing-masing soalnya saya masak asal cemlung karena sudah terbiasa. Ini adalah penampakan ayam tangkap masakan khas aceh besar, sebelum dan sesudah digoreng. Sebetulnya ini seperti masakan ayam pada umumnya tapi keunikannya terletak pada penggunaan daun salam koja atau daun kare dan daun pandan sehingga ayamnya terlihat tertutup dan seperti sudah tertangkap jadi dinamakan ayam tangkap.

Ayam Tangkap

Ayam Tangkap

Resep Ayam Tangkap
Bahan:

  • Ayam kampung muda potong kecil-kecil cuci bersih
  • Air asem jawa kira-kira 3 sendok makan

Bumbu Halus:

  • bawang putih 3 siung
  • kunyit 1 ruas jari

Bumbu:

  • Bawang merah iris-iris
  • Daun salam koja atau daun kare 5 tangkai
  • Daun pandan 4 batang potong-potong
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campur ayam dan bumbu jadi 1 sambil diremas.
  2. Tambahkan cabai hijau utuh biarkan 15 menit lalu goreng dengan api sedang daunannya juga bisa dimasukkan karena seperti kerupuk. Silakan dicoba ya bunda.

 

16. Sanger

Jika anda suka menonton televisi khususnya berbau penjelajahan atau kuliner pasti pernah lihat cara memproses kopi yang disaring lalu di tarik.  Berarti anda sedang melihat minuman dengan nama sanger. Banyak dijumpai disepanjang jalan Banda Aceh. Ingin merasakan kopi yang paling nikmat? Datanglah ke daerah Ulee Kareng serta Chek Yuke di kawasan Masjid Raya Baiturrahman.

Sanger

Sanger

17. Martabak Aceh

Jika anda biasa memakan martabak telur dengan kulit yang tipis saya sarankan jika datang ke Aceh dan wajib mencoba martabak aceh karena anda akan menemukan perbedaan yang mencolok. Jenis makanan ini terlihat khas karena kulitnya agak tebal terbuat dari bahan dasar roti cane. Bentuknya tidak cenderung seperti martabak pada umumnya tapi malah mirip telur dadar.

Martabak Aceh

Martabak Aceh

Begitulah aneka jenis makanan khas aceh yang patut anda coba. Resep chef sudah mengumpulkan data falid beserta resep asli dari para bunda asli Aceh. Jadi jika anda pergi ke sana dan belum sempat mencicipi maka bisa membuatnya sendiri di rumah. Jika ada yang belum beserta resepnya kami minta maaf karena kami belum menemukan sumber yang tepat untuk menuliskan cara membuatnya. Insya allah lain waktu akan kami lengkapi, semoga tulisan tentang 17 Makanan Khas Aceh Beserta Resep dapat membantu.

17 Makanan Khas Aceh Beserta Resep | | 4.5
counter